Rabu, 15 Juni 2011

Biografi Ir Soekarno


Lahir &n bsp; : Surabaya 6 Juni 1901
Wafat : Jakarta, 21 Juni 1970
Makam : Blitar, Jawa Timur

Ir Soekarno adalah Bapak Bangsa yang sering juga disebut sebagai Putra Sang Fajar. Soekarno adalah anak dari Raden Sukemi Sosrodiharjo dan Ida Nyoman Rai. Soekarno memperoleh gelar Insinyur dari TechnischeHoge School (THS) Bandung (Sekarang Institut Teknologi Bandung, ITB). Sejak muda, Soekarno sudah bertukar pikiran dengan tokoh-tokoh pergerakan Nasional seperti Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto, Agus Salim, Ki Hajar Dewantoro, dan Ahmad Hassan (Persis).
Pada tanggal 4 Juli 1927, Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI). Soekarno adalah seorang orator yang ulung. Karena kemampuannya berorator, Soekarno muda sangatlah terkenal. Pada Desember 1929, beberapa tokoh PNI ditangkap termasuk Soekarno. Ia lalu dipindahkan ke Ende lalu ke Bengkulu.

PAda masa pendudukan jepang, Soekarno, M Hatta, Ki Hajar Dewantara dan KH Mas Mansyur mendirikan Pusat tenaga rakyat (Putera) dan keempat tokoh ini terkenal dengan sebutan 4 Serangkai.
Putera yang semuka bentukan Jepang akhirnya dibubarkan oleh Jepang sendiri karena dianggap lebih berpihak pada kepentingan rakyat Indonesia dibandingkan kepentingan Jepang.

Ir SOekarno dalam Sidang BPUPKI menyampaikan rumusan dasar negara Indonesia yang akhirnya dikenal dengan nama Pancasila.

Ir Soekarno dan Muh Hatta terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. Ir Soekarno sendiri memimpin negara Indonesia hingga terbitnya Surat Perintah sebelas Maret yang merupakan aplikasi dari peristiwan G30S PKI.

Ir Soekarno dikukuhkan menjadi Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden RI No 08/TK/1986

Sumber : Buku Mengenal Pahlawan Indonesia, Arya Ajisaka

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/history/2148345-biografi-ir-soekarno/#ixzz1PPdx11yt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar