Rabu, 15 Juni 2011

Kemeriahan Pembukaan STQ Nasional XXI

Banjarmasin, 4 Juni 2011--Menteri Agama Suryadharma Ali membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXI secara resmi di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kafilah peserta STQ dan ribuan warga Kalsel menyaksikan pemukulan bedug oleh Suryadharma Ali yang menandai pembukaan (STQ) Nasional XXI. Acara ini juga dihadiri Mantan Menteri Agama Said Agil Munawar, Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, Wakil Gubenur Kalsel Rudy Resnawan, Ketua DPRD Kalsel Nasib Alamsyah, gubernur-gubernur provinsi lain, tokoh agama dan duta besar negara sahabat. Dalam sambutannya, Suryadharma mengungkapkan kegiatan STQ ini dapat menjadi momentum dalam mewujudkan rasa cinta terhadap Al-Quran.

“Al-Quran harus dijadikan teman seluruh umat Islam juga ilmu, karena merupakan sumber kebajikan” ujar Suryadharma. Menteri dari partai PPP ini bangga terhadap antusiasme masyarakat Kalsel yang tumpah ruah memadati arena pembukaan STQ. Ia berharap STQ dapat melahirkan qori dan qoriah yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Selain itu, Suryadharma juga mengajak masyarakat mengembangkan tradisi mengaji dalam era globalisasi untuk mempercepat pembangunan bidang keagamaan. Melalui gerakan mengaji ba’da magrib, orang tua dapat mengajarkan anak-anak kebajikan yang terkandung dalam Al-Quran. Gerakan ini, dapat menyelamatkan generasi muda Indonesia dari pendangkalan kemanusaiaan atau dehumanisasi.

Pembukaan STQ Nasional XXI juga dimeriahkan parade devile kafilah dari 33 provinsi yang diiringi gema marching band. Tiap rombongan devile mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Riuh tepuk tangan memuncak ketika devile urutan terakhir yakni kafilah Kalsel memasuki arena pembukaan STQ Nasional XXI.


http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2188:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar